Khasiat Buah Bilberry

Khasiat Buah Bilberry

Apa Saja Khasiat Buah Bilberry ?

Buah bilberry mungkin terdengar lumayan asing bagi orang awam. Buah bilberry ini merupakan buah yang masuk dalam kelompok beri-berian dan asalnya dari negara Eropa Utara.

Apabila dilihat secara sepintas buah ini memang hampir mirip dengan buah blueberry. Namun, ada perbedaan diantara buah bilberry dan juga blueberry yakni kalau bilberry tidak mempunyai bentuk mahkota di ujungnya. Kemudian, ukurannya pun lebih kecil dari buah blueberry yakni kurang lebih 5-8 milimeter.

Buah bilbery konon pada abad pertengahan sudah dipakai dalam dunia medis atau pengobatan. Sementara itu, buah bilberry ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal baik buahnya dalam keadaan kering ataupun matang dan juga daunnya.

Sedangkan airnya dipakai untuk pewarna kertas dan juga pakaian.

Sama halnya dengan jenis beri-berian lain, buah bilberry ini ternyata memiliki khasiat dalam bidang kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bilberry:

  1. Membuat mata lebih sehat

    Salah satu kegunaan buah bilberry yaitu bisa membuat mata lebih sehat atau meningkatkan penglihatan. Apalagi mata ini berfungsi untuk melihat, jadi perlu sekali diberi nutrisi agar kemampuan penglihatan lebih baik.

    Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian J Med Food bahwa apabila Anda mengonsumsi buah bilberry dalam bentuk ekstrak sekitar 120 mg setiap hari. Maka, bisa meningkatkan kemampuan visual atau penglihatan sekitar 30 persen. Kemudian, dari penelitian lain menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak bilberry dapat mengurangi mata lelah dan juga kering.

  2. Bisa menurunkan gula darah

    Buah bilberry diketahui bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah pada orang dengan penyakit diabetes tipe-2.

    Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang terdapat dalam jurnal J Nutr Sci  yang menyebutkan bahwa ekstrak bilberry bisa mengurangi kadar gula darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe-2.

    Beberapa ahli juga menyatakan bahwa buah bilberry ini bisa mencegah kerusakan dan penyerapan zat karbohidrat dalam usus. Sementara itu, penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan zat antosianin dalam buah bilberry dapat merangsang sekresi insulin. Hormon insulin ini adalah sebuah hormon yang membantu memindahkan gula dari darah ke dalam sel.

  3. Dapat mengobati peradangan

    Buah bilberry diketahui juga bisa membantu melawan peradangan. Akibat dari efek peradangan ini memang bisa memicu berbagai macam penyakit. Kandungan antosianin pada buah bilberry ini yang bisa membantu mengobati peradangan.

    Dalam sebuah studi penelitian oleh J Nutr menyatakan bahwa apabila Anda mengonsumsi 330 ml jus dari buah bilberry secara rutin bisa mengurangi gejala peradangan.

    Lalu, buah bilberry ini bisa diaplikasikan secara langsung pada bagian mulut yang mengalami peradangan misalnya nyeri tenggorokan dan keluhan lain pada mulut.

  4. Melindungi tubuh dari penyakit

    Buah bilberry ini diketahui mengandung antioksidan atau senyawa yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari kerusakan dan juga penyakit.

    Hal ini dibuktikan juga pada sebuah Nutrition Journal yang menyatakan bahwa buah bilberry adalah buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Lalu, buah ini diketahui juga mengandung banyak vitamin C dan asam fenolik yang merupakan sumber antosianin yang sangat baik.

    Disamping itu, buah bilberry juga bisa untuk mengobati sindrom kelelahan kronis, wasir atau ambeien, osteoarthritis, sakit pegal-pegal atau encok, infeksi pada kulit, antiseptik yang bisa mengobati infeksi pada saluran kemih (ISK) dan juga mengobati penyakit ginjal.5. Bisa membuat jantung lebih sehat

    Buah bilberry juga diketahui bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kemudian, buah bilberry ini juga mengandung vitamin K yaitu vitamin yang bisa membantu mencegah pembentukan gumpalan darah, dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

    Selain itu, berdasarkan penelitian dalam J Agric Food Chem kandungan antosianin yang ada pada buah bilberry ini bisa membantu menurunkan tekanan darah.

    Lalu, buah bilberry juga dikonsumsi oleh beberapa orang yang mengalami permasalahan pada jantung dan pembuluh darah, termasuk di dalamnya kondisi pengerasan arteri atau aterosklerosis, varises, nyeri dada serta penurunan aliran darah pada pembuluh darah.

  5. Bisa mengobati berbagai penyakit mata

    Buah bilberry diketahui bisa untuk mengobati penyakit mata seperti mencegah katarak, degenerasi makula dan juga penyakit mata lain seperti glaukoma. Selain itu juga bisa meningkatkan ketajaman penglihatan pada malam hari.

  6. Buah bilberry bermamfaat bagi kesehatan perut

misalnya mengatasi diare, sakit maag pada orang dewasa atau anak-anak, menjaga kadar insulin dan juga cocok                      digunakan sebagai obat alami pencahar.

Rekomendasi Produk Untuk anda:

Cara kerja buah bilberry dalam mengobati penyakit.

Dari beberapa penelitian yang disebutkan, hasilnya menunjukkan bahwa buah bilberry ini mengandung bahan atau senyawa kimia tanin, selain kandungan antosianin. Zat ini konon mampu mengatasi permasalahan pada pencernaan misalnya diare, iritasi pada mulut dan juga tenggorokan serta mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan.

Yang kita tahu peradangan ini merupakan awal mula dari suatu gejala infeksi yang apabila dibiarkan juga bisa berbahaya. Oleh karena itu harus segera diobati dan buah bilberry ini adalah buah alami yang bisa membantu mengobati kasus peradangan secara alami. Baik dari ekstrak atau obat herbal khusus yang dibuat dari buah bilberry ini.

Disamping itu, ada beberapa bukti kuat yang membuktikan juga bahwa bahan kimia atau senyawa yang ada dalam daun bilberry ini bisa menurunkan gula darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa peneliti yang menguji coba bahwa bahan kima yang ada pada daun bilberry yaitu zat flavonoid bisa membantu meningkatkan sirkulasi atau peredaran darah pada penderita diabetes. Pasalnya, apabila permasalahan sirkulasi ini tidak ditangani bisa membahayakan retina mata penderitanya.

Sumber:
https://hellosehat.com/obatan-suplemen/herbal/buah-bilberry/
https://kumparan.com/kumparanfood/5-manfaat-bilberry-untuk-penglihatan-1rfz1KFzHql

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Tertarik Produk nya? Hubungi Kami