Pandemi Virus Corona Lengkap Penyebab Gejala Diagnosis

Pandemi Virus Corona Lengkap Penyebab Gejala Diagnosis

Apakah Covid-19 itu?

Apakah Covid 19 Surabaya

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona atau yang disebut dengan severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2).

Menurut para ahli, virus Corona ini menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, lalu bisa juga menginfeksi organ paru-paru secara berat/kronis hingga memicu kematian pada seseorang.

Virus Corona atau Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan jenis baru dari Coronavius yang bisa menular ke manusia.

Adapun virus ini menyerang juga tidak pandang bulu, baik orang dewasa, remaja, anak-anak dan bayi, lansia atau (golongan usia lanjut), ibu hamil dan juga menyusui.

Covid-19 (Corona Virus Disease 2019), awal mula kemunculannya yang kita ketahui dari kota Wuhan, China tepatnya diprediksi pada Desember 2019.

Virus ini pun memang cepat sekali menular dan menyebar hingga hampir ke semua negara, termasuk negara Indonesia.

Coronavirus sendiri adalah kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Dalam banyak kasus yang beredar.

Gejala infeksi dari virus ini bisa berupa infeksi pernapasan ringan seperti flu, tetapi gejalanya juga bisa lebih parah yakni menyebabkan infeksi pernapasan berat misalnya infeksi paru-paru (pneunomia).

Gejala Infeksi Covid-19 ( Corona Virus Disease 2019)

Gejala Infeksi Covid-19

Virus Corona yang menginfeksi khususnya pada manusia memang bisa menimbulkan gejala yang beragam artinya antara satu orang yang terpapar dengan yang lainnya bisa saja berbeda gejalanya.

Bahkan di Indonesia belakangan ini ada orang yang terpapar virus Corona tanpa menunjukkan gejala yang jelas dan saat dilakukan pengetesan orang tersebut konon positif Covid-19.

Maka dari itu kita perlu waspadai apabila tubuh kita menunjukkan gejala virus Corona yang terbilang ringan seperti berikut:

  • hidung beringus
  • sakit kepala
  • batuk
  • sakit tenggorokan
  • demam dan merasa tidak enak badan (suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius)

Kemudian, perlu ditegaskan pula bahwa virus Corona juga bisa menunjukkan gejala yang lebih parah, infeksinya bisa berubah menjadi penyakit bronkitis dan pneumonia dengan gejala seperti berikut.

  • demam tinggi
  • batuk dengan lendir atau berdahak
  • sesak napas
  • nyeri dada atau sesak saat bernapas dan disertai batuk.

Kemudian infeksi virus Corona ini juga akan lebih parah apabila menyerang invidu tertentu misalnya orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau paru-paru, kanker, individu dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitasnya lemah seperti pada bayi dan orang yang lanjut usia serta perokok.

Ada pula beberapa gejala lain yang mungkin muncul pada individu yang terinfeksi oleh virus Corona, walaupun lebih sedikit atau jarang yakni:

  • diare
  • konjungtivitis
  • hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium bau
  • muncul ruam pada kulit

Gejala-gejala terinfeksi Covid-19 umumnya muncul dalam kurun waktu dua hingga 2 minggu setelah penderita tersebut terpapar virus Corona.

Seorang individu bisa terpapar Covid-19 dengan berbagai cara, yakni:

  1. Individu tersebut tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar, saat penderita Covid-19 batuk atau bersin.
  2. Aktivitas memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Terlebih lagi apabila seseorang tersebut sehabis menyentuh benda yang terkena cipratan ludah si penderita Covid-19.
  3. Kontak jarak dekat dengan penderita Covid-19.

Sebab virus Corona ini mudah sekali menular. Tidak menutup kemungkinan para tenaga medis yang merawat pasien Covid-19 ini juga bisa terinfeksi.

Oleh karenanya, baik para tenaga medis atau mungkin kerabat dekat yang memiliki kontak dengan pasien Covid-19 ini perlu sekali menggunakan alat pelindung diri (APD).

Pencegahan Covid-19

Pencegahan Covid-19

Akibat hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah infeksi Covid-19. Maka dari itu kita sebaiknya melakukan pencegahan seperti berikut.

  1. Terapkan physical distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.
  2. Usahakan jangan keluar rumah, kecuali ada keperluan yang mendesak.
  3. Selalu gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, termasuk misalnya saat pergi berbelanja ke pasar tradisional atau pusat perbelanjaan.
  4. Harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%.
  5. Sebaiknya jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan dengan bersih.
  6. Hindari kontak dengan penderita Covid-19 atau orang yang dicurigai positif telah terinfeksi virus Corona. Begitu juga dengan orang yang sedang sakit demam, batuk atau pilek.
  7. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  8. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup yang sehat seperti, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, beristirahat yang cukup dan hindari stress.
  9. Selalu jaga kebersihan benda yang disentuh dan kebersihan lingkungan kita, termasuk kebersihan rumah.
  10. Minum banyak vitamin salah satunya madu karena sangat baik untuk kekebalan tubuh.

Diagnosis Covid-19

Diagnosis Covid-19

Guna memastikan diagnosis Covid-19, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan berikut.

  1. Rapid test untuk mendeteksi antibodi (IgM dan IgG) yang diproduksi oleh tubuh guna melawan virus Corona.
  2. Swab test atau tes PCR (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi virus Corona di dalam dahak.
  3. CT scan atau Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru.

Langkah berikutnya, hasil rapid test Covid-19 positif, hal ini kemungkinan besar menunjukkan bahwa seorang individu memang sudah terinfeksi virus Corona.

Namun, bisa juga berarti orang tersebut terinfeksi oleh virus lain.

Sedangkan apabila hasil rapid test Covid-19 menunjukkan hasil yang negatif, hal ini belum tentu menandakan bahwa individu tersebut mutlak terbebas dari virus Corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Tertarik Produk nya? Hubungi Kami